tikus-di-rumah

Waspada! Keberadaan Tikus di Rumah Sebabkan Penyakit Ini

Keberadaan tikus di dalam rumah memanglah sangat menjengkelkan, hewan pengerat kotor ini sering merusak berbagai peralatan rumah tangga hingga mengambil makanan. Jika sudah begitu, bersiaplah untuk menggunakan berbagai alat pengusir tikus atau lem tikus untuk membasmi mereka di rumah.

Namun, tak hanya merusak peralatan dan mengambil makanan semata, tikus juga kerap menyebarkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi seluruh anggota keluarga. Dikutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa penyakit yang diakibatkan oleh keberadaan tikus di rumah.

1. Hantavirus

 

Penyakit ini terjadi akibat menghirup partikel dari urin, kotoran atau air liur tikus yang ada di udara. Penyakit ini juga bisa menular ketika Anda memakan makanan yang pernah disentuh oleh tikus. Gejala awal jika terkena penyakit ini yaitu, demam, sakit kepala, muntah, diare atau sakit perut. Kemudian pada 4 hingga 10 hari berikutnya, orang yang terjangkit penyakit ini akan mengalami batuk, sesak napas dan penumpukan cairan di paru-paru.

2. Pes

 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersina Pestisia yang disebarkan oleh kutu dari tikus. Ketika kutu tersebut menggigit tubuh Anda, maka akan timbul gejala penyakit seperti, pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, ketiak atau leher. Meski tak banyak ditemukan, namun penyakit pes ini dapat menyerang paru-paru. Komplikasi dari penyakit ini dapat mengakibatkan meningitis hingga kematian.

Baca Juga: Penyakit Ini Timbul Akibat Digigit Tikus

Guna menanggulangi keberadaan tikus di rumah, hindari penggunaan racun tikus yang berbahaya. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan produk pembasmi tikus seperti lem tikus Cap Gajah. Selain itu, untuk Anda yang memilih menggunakan perangkap tikus untuk membasminya, Anda bisa menggunakan Cap Gajah perangkap tikus mekanis.

Cap Gajah perangkap tikus mekanis merupakan perangkap dengan teknologi gerigi tumpul yang saling mengunci ketika dilalui tikus, kemudian tikus pun langsung terjepit dan mati seketika tanpa meninggalkan noda darah. Cap Gajah perangkap tikus mekanis juga memudahkan Anda membuang bangkai tikus tanpa menyentuhnya, serta mudah dibersihkan dan dapat digunakan hingga 100 kali.

Kembali