gigit-tikus

Awas! Penyakit Ini Timbul Akibat Gigitan Tikus

Tikus menggigit manusia memanglah hal diluar dugaan, karena binatang pengerat yang biasanya akan kabur ketika melihat manusia ini, ternyata bisa juga menyerang dengan cara menggigit. Sudah lazim jika banyak yang menggunakan berbagai alat pengusir tikus atau lem tikus untuk membasmi mereka.

Lalu, apakah gigitan tikus berbahaya bagi kesehatan? Berbagai penelitian menyimpulkan tak hanya dapat menyebabkan luka, gigitan tikus juga akan menimbulkan berbagai penyakit. Dilansir oleh hellosehat.com, berikut ini penyakit yang bisa timbul akibat dari gigitan tikus.

1. Rat bite fever (RBF)

Penyakit akibat gigitan tikus ini dapat mengakibatkan infeksi karena adanya bakteri Spirillum minus atau Streptobacillus moniliformis. Ketika terkena penyakit ini akan timbul gejala seperti, demam, muntah, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, hingga menimbulkan kemerahan pada kulit. Tak hanya akibat gigitan, penyakit ini juga dapat menular lewat makanan dan minuman yang sudah terkena air liur tikus.

Jika terkena penyakit RBF ini, segeralah untuk diobati karena dapat berakibat fatal untuk kesehatan jika telat ditanggulangi secara medis.

2. Lymphocytic chorio-meningitis (LCM)

LCM merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus choriomeningitis limfositik (LCMV), turunan virus Arenaviridae yang berasal dari tikus. Penyakit infeksi ini biasanya akan menimbulkan gejala pada 8 hingga 13 hari setelah Anda tergigit atau terkena air kencing dan air liur tikus.

Gejala yang timbul seperti, demam, kurang nafsu makan, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah. Termasuk gejala lain yang dapat muncul yakni, sakit tenggorokan, batuk, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri testis, dan nyeri parotid (kelenjar ludah). Pada wanita yang sedang hamil, jika terkena penyakit ini dapat berisiko menularkan virus kepada janin di kandungannya yang menyebabkan cacat lahir hingga kematian pada bayi.

Baca Juga: Waspada Jika Melihat Tikus di Rumah

Meskipun jarang terjadi, pada beberapa kasus penyakit LCM bisa berkembang lebih jauh hingga menimbulkan peradangan pada sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan kelemahan otot, kelumpuhan, hinggga perubahan lainnya pada tubuh.

Agar terhindar dari gigitan tikus, hindari penggunaan racun tikus yang berbahaya. Lebih aman jika Anda menggunakan produk pembasmi tikus seperti lem tikus Cap Gajah. Selain itu, untuk Anda yang memilih menggunakan perangkap tikus untuk membasmi keberadaan mereka, Anda bisa menggunakan Cap Gajah perangkap tikus mekanis.

Cap Gajah perangkap tikus mekanis merupakan perangkap dengan teknologi gerigi tumpul yang saling mengunci ketika dilalui tikus, kemudian tikus pun langsung terjepit dan mati seketika tanpa meninggalkan noda darah. Cap Gajah perangkap tikus mekanis juga memudahkan Anda membuang bangkai tikus tanpa menyentuhnya, serta mudah dibersihkan dan dapat digunakan hingga 100 kali.

Kembali