hantavirus-dari-tikus

Hantavirus Dari Tikus Sebabkan Penyakit Ini

Hantavirus adalah virus yang berasal dari tikus. Penularannya dapat terjadi jika partikel urin, kotoran, air liur tikus terhirup oleh manusia. Karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi keberadaan hewan pengerat tersebut seperti dengan menggunakan pengusir tikuslem tikus, ataupun racun tikus.

Hantavirus menjadi penyebab dari beberapa penyakit yang diawali dengan berbagai gejala. Dikutip dari grid.id, ada dua jenis penyakit yang berbeda akibat dari hantavirus. Pada benua Asia dan Eropa, hantavirus dapat menyebabkan penyakit hemorrhagic fever with renal syndrome (HFRS) yang menyerang ginjal. Sedangkan di benua Amerika, hantavirus dapat menyebabkan penyakit hantavirus pulmonary syndrome (HPS) yang menyerang pernapasan.

Dilansir oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut ini gejala yang timbul dari kedua penyakit akibat hantavirus tersebut.

1. HFRS

Penyakit HFRS menunjukkan gejala sekitar 1 hingga 2 minggu, namun tidak menutup kemungkinan gejala juga timbul setelah 8 minggu. Umumnya gejala HFRS antara lain, sakit kepala tiba-tiba yang sangat sakit, sakit perut dan punggung, demam, menggigil, mual, dan pandangan yang kabur. Lalu, timbul gejala lain seperti, wajah memerah, mata merah dan ruam. Jika tidak ditangani dengan segera, akan terjadi tekanan darah rendah, syok akut, kebocoran pembuluh darah dan gagal ginjal.

2. HPS

Gejala penyakit HPS juga akan timbul sekitar 1 hingga 8 minggu. Umumnya ketika terinfeksi akan merasakan lemas, demam dan nyeri otot. Secara bersamaan juga bisa timbul gejala sakit kepala, pusing, menggigil, mual, muntah, diare dan sakit perut. Karena penyakit ini menyerang pernapasan, selanjutnya akan timbul batuk dan sesak napas serta paru-paru dipenuhi cairan.

CDC melaporkan tingkat kematian akibat hantavirus HPS setidaknya mencapai 38 persen. Sementara, untuk kasus HFRS memiliki tingkat kematian kurang lebih 5 sampai 15 persen.

Agar lebih efektif dan praktis dalam membasmi tikus di rumah, gunakanlah produk seperti Lem Tikus Cap Gajah. Selain itu, untuk Anda yang memilih menggunakan perangkap tikus untuk membasmi keberadaan mereka, Anda bisa menggunakan Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah.

 

Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah merupakan perangkap dengan inovasi terbaru yang dilengkapi dengan teknologi gerigi tumpul yang saling mengunci. Tikus yang melintas pun langsung terjepit dan mati seketika tanpa meninggalkan noda darah. Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah juga memudahkan Anda membuang bangkai tikus tanpa menyentuhnya, mudah dibersihkan dan dapat digunakan hingga 100 kali.

Kembali