cara-mengusir-lalat-dari-rumah

18 Cara Mengusir Lalat dari Rumah Paling Ampuh

Berbagai tips mengenai cara mengusir lalat dari rumah banyak dicari, khususnya bagi para ibu rumah tangga. Keberadaan lalat ini sangat meresahkan karena dapat menyebabkan penularan penyakit seperti disentri, diare, tifus, kolera, dan lain sebagainya. Makanan yang sudah dihinggapi lalat ini jika dimakan manusia akan menyebabkan penyakit terutama jika dalam keadaan imun yang lemah. Lalat juga menampilkan kesan yang jorok oleh sebab itu keberadaan lalat di rumah ini harus segera diatasi.

 

Mengusir Lalat Dari Dalam Rumah

Jika ada lalat di rumah itu tandanya ada masalah dengan sanitasi dan juga kebersihan di rumah Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengusir lalat dari rumah dengan melakukan hal-hal berikut ini.

1. Segera buang sisa makanan

Cara mengusir lalat dari rumah yang pertama adalah segera bersihkan sisa makanan. Sisa makanan ini akan membuat lalat datang ke rumah Anda karena pada dasarnya lalat sangat menyukai sisa-sisa makanan. Jika Anda tidak bisa menghabiskan makanan, segera buang makanan tersebut ke tempat sampah dan jangan biarkan tetap di ruangan yang terbuka. Setelah itu tutup tempat sampah Anda agar bau dari sampah tersebut tidak memancing lalat untuk datang.

 

2. Tutup Kemasan Makanan Rapat-Rapat

Jika Anda tidak dapat menghabiskan makanan, jangan biarkan makanan tersebut dalam kondisi terbuka. Tutup kemasan makanan tersebut untuk menghindari lalat masuk dan mencemari makanan tersebut. Indera penciuman lalat sangat tajam sehingga mereka akan dengan mudah datang ketika terdapat bau makanan di sekitar. Simpan makanan dalam kemasan tertutup agar terhindar dari gangguan lalat.

 

3. Simpan Makanan di Bawah Tudung Saji

Sebaiknya Anda menaruh makanan seperti lauk pauk di bawah tudung saji atau menyimpannya ke dalam lemari makanan yang rapat agar tidak terkena lalat Jangan sampai lalat yang telah hinggap di berbagai tempat dan membawa berbagai kuman penyakit menemepel pada makanan Anda. Hindari juga memakan makanan yang telah dihinggapi lalat, bukan hal yang mustahil bahwa Anda dapat terjatuh sakit karena hal tersebut.

 

4. Jaga Dapur Tetap Bersih

Dapur adalah tempat yang sering kita gunakan untuk aktivitas memasak makanan. Pastikan dapur rumah Anda bersih dan rapi. Selalu bersihkan dapur setelah memasak, buanglah sisa bahan makanan yang tidak lagi digunakan atau simpan kembali ke dalam kulkas atau lemari penyimpanan jika masih ingin digunakan kembali. Jangan lupa simpan dan atur kembali peralatan masak yang telah dicuci agar tidak menumpuk.

 

5. Cuci Piring Segera

Lalat sangat menyukai sisa- sisa makanan dan juga lemak yang menempel pada alat makan dan alat masak. Mengusir lalat dari rumah menjadi sulit apabila Anda menunda dan menumpuk piring kotor.Cucilah segera menggunakan sabun khusus cuci piring dan alat masak cuci hingga bersih. Buanglah sisa-sisa makanan ke tempat sampah.
 

 

6.  Bersihkan Sanitasi dan Pipa Buangan Air Secara Rutin

Setelah Anda mencuci piring dan membuang sisa- sisa makanan ke tempat sampah.  Anda sebaiknya membersihkan saluran air atau sanitasi pada pipa buangan pencuci piring secara rutin. Gunakan air panas untuk melarutkan lemak sisa makanan yang membuat saluran pipa buangan menjadi tidak lancar.

 

7.  Buang Sampah Yang Menumpuk

Untuk mengatasi lalat yang ada di rumah Anda ini bisa dengan membersihkan tempat sampah, jangan biarkan sampah menumpuk terlalu lama. Bau sampah yang menyengat ini akan memancing lalat untuk datang dan hinggap di tempat sampah. Sampah memberikan lalat habitat dan tempat perkembangbiakan yang ideal, terutama di musim panas ketika sampah sisa makanan cepat berfermentasi. Kalau sudah begini, disarankan untuk Anda membuang sampah secara rutin.

 

8.  Sirkulasi Udara di Rumah

Lalat akan berkembang biak lebih cepat di lingkungan yang hangat atau panas. Lalat akan terbang menuju ke sebuah bangunan karena hawa panas atau hangat yang dipancarkannya. Jadi pastikan rumah Anda mendapat sirkulasi udara yang bagus untuk mengurangi hawa panas, bukalah jendela rumah Anda setiap pagi hari untuk mendapatkan pertukaran atau sirkulasi udara di ruangan- ruangan rumah Anda.

 

9.  Menggantung Benda Mengkilap

Sejumlah orang percaya lalat bisa dikelabui dan diusir dengan menggantung objek mengkilap di rumahnya. Ini memang tidak terbukti secara ilmiah, tetapi Anda bisa mencoba menggantung potongan foil aluminium atau apa saja yang dapat memantulkan cahaya, di dekat teras atau taman rumah Anda. Faktanya lalat sangat tertarik pada cahaya, itu sebabnya lalat seringkali terlihat melayang dan menempel di dekat lampu atau benda- benda yang memancarkan atau memantulkan cahaya. Secara ilmiah kebiasaan lalat ini dikenal sebagai fototaksis positif atau kemampuan dalam merespons positif terhadap cahaya.

 

10.  Bersihkan Rumah Hingga Sela-Sela

Untuk mencegah dan menghindari lalat berkeliaran di rumah Anda, silahkan sapu dan pel lantai setiap pagi dan sore hari. Lalat rumah beristirahat secara berkala di banyak tempat terutama yang terdapat sumber makanan bagi mereka. Anda harus memastikan seluruh sela-sela di setiap sudut ruangan terjaga kebersihannya dan bebas dari remah-remah makanan. Gunakan pula cairan antibakteri untuk mengepel lantai rumah Anda sebagai cara mengurangi persebaran bakteri dan kuman di lantai rumah Anda.

 

11.  Menjaga Rumah Tetap Harum

Menurut penelitian, lalat bisa mencium sampai dengan jarak hampir 1 km. Mereka memang termasuk hewan yang sangat sensitif dengan bau-bauan, terutama yang bersumber dari sampah. Nah, setelah tahu fakta ini maka Anda harus berusaha menjaga agar rumah tetap harum. Anda bisa menggunakan aroma lavender, mint atau jeruk dan aroma- aroma lainnya yang lalat tidak suka. Anda bisa menggunakan pengharum ruangan lalu menyemprotkannya ke area di rumah Anda yang sering dihinggapi lalat.

 

12.  Jangan Menumpuk Barang

Segera bereskan jika di rumah Anda banyak menumpuk barang- barang. Barang- barang yang menumpuk ini akan sulit dibersihkan dan menumpuk debu. Tumpukan barang- barang tersebut dapat dijadikan sebagai tempat hidup dan berkembang biak lalat. Bahkan tak hanya lalat yang menyukai tempat yang berantakan, hama lainnya yang juga menyukai area yang kotor seperti ini adalah tikus dan kecoa. Simpan dengan rapi barang - barang yang masih Anda gunakan dan buang barang- barang yang tidak Anda gunakan lagi.

 

13.  Cuci Segera Pakaian Kotor

Pakaian kotor yang menumpuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau badan, bau gorengan, bau rokok yang menempel di baju akan sangat mengganggu bila dibiarkan bertumpuk terlalu lama. Bau inilah yang akan mengundang lalat ke rumah Anda.

 

14. Jagalah Kebersihan Hewan Peliharaan 

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah pastikan Anda menjaga kebersihan kandang mereka. Selain untuk menjaga kesehatan dari hewan kesayangan, membersihkan secara rutin kandang hewan jugamenjadi salah satu cara mengusir lalat dari rumah yang efektif. Hal ini dikarenakan lalat sangat senang dengan kondisi kandang yang kotor karena kotoran hewan peliharaan. Buanglah kotoran dan sisa-sisa makanan hewaan peliharaan Anda secara rutin.

 

15. Pembuangan Sampah 

Jagalah tempat pembuangan sampah dalam keadaan tertutup rapat hingga petugas kebersihan mengambil tumpukan sampah Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran bau yang dapat mengundang lalat dan hama lainnya seperti tikus. Pastikan juga tidak ada sampah atau limbah yang tercecer di sekitar pembuangan sampah.

 

16. Membersihkan saluran dan penampungan air

Cara mengusir lalat dari rumah selanjutnya adalah membersihkan saluran air di sekitar rumah Anda. Saluran air yang bersih dan lancar akan menjauhkan kita dari lalat, nyamuk dan hama lainnya. Lalat sangat menyukai dengan kelembaban. Genangan air menjadi salah satu tempat berkembang biak favorit untuk lalat. Jadi segeralah menutup penampungan air atau pun benda lain yang dapat menyebabkan genangan di halaman rumah Anda.

 

17. Merawat Halaman

Jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas dan ditumbuhi rerumputan dan semak, jangan lupa untuk selalu menjaga rumput-rumput tersebut agar tetap pendek. Rumput yang tinggi dan gundukan semak-semak merupakan salah satu tempat kesukaan lalat untuk hinggap. Jadi, sebaiknya Anda memiliki jadwal rutin untuk memotong rumput dan memangkas semak-semak. Satu hal lagi, segera bersihkan bekas potongan rumput, semak, dan dedaunan. Jangan dibiarkan menumpuk dan membusuk di halaman Anda.
 

18. Menggunakan Lem Lalat Cap Gajah Kertas dan Stik

Cara mengusir lalat dari rumah dengan menggunakan lem bukanlah hal baru, hanya saja Anda membutuhkan lem berkualitas untuk bisa menangkap lalat dengan sempurna. Lem yang kurang berkualitas hanya akan membuat lalat mudah kabur karena perekatnya yang kurang kuat. Untuk mengusir lalat dengan ampuh Anda bisa menggunakan Lem Lalat Cap Gajah. Mengapa harus lem ini? hal itu dikarenakan daya rekatnya sangat kuat sehingga mustahil bagi lalat untuk bisa kabur dan melarikan diri dari jebakan lem ini. Selain itu, Lem Lalat Cap Gajah juga dilengkapi dengan aroma durian yang berfungsi sebagai pemikat lalat. Terdapat dua jenis Lem Lalat Cap Gajah yang tersedia di pasar yaitu Kertas dan Stik.

Cara penggunaannya pun mudah, didalam satu kemasan lem lalat kertas Cap Gajah terdapat tiga lembar kertas yang dapat digunakan. Masing-masing kertas perangkap lalat ini juga dilapisi dengan kertas pelindung berguna untuk menjaga lem tetap lengket dengan kuat saat penggunaannya.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu melepaskan kertas pelindung dan letakkan kertas perangkap lalat yang lengket ini di tempat yang banyak lalat hinggapi, terutama di ruang makan dan tempat penyimpanan bahan makanan atau di dapur. Jika lalat sudah memenuhi kertas perangkapnya, buang dan ganti dengan yang baru jika masih banyak lalat beterbangan di Rumah Anda.

Sedangkan untuk stik, cukup masukan tangkai lem ke dalam lubang dudukan. Dudukan ini sudah disediakan di dalam kemasan, letakkan di sudut rumah yang banyak lalatnya, segera ganti dengan stik yang baru jika lalat sudah banyak yang menempel.

Demikianlah berbagai cara mengusir lalat dari rumah paling ampuh yang dapat Anda lakukan, tetap jaga kebersihan rumah dan lingkungannya. Jangan ragu untuk menggunakan lem lalat dari Cap Gajah untuk menangkap lalat dengan efektif.

Klik disini untuk mengunjungi situs resminya dan dapatkan promo menarik dari Cap Gajah https://cap-gajah.com/lem-lalat-cap-gajah

 

Baca Juga :

Kembali