cara-menangkap-tikus-di-rumah

Cara Menangkap Tikus di Rumah Paling Ampuh dan Mencegah Tikus Datang Kembali

Tikus adalah hewan pengerat yang merugikan.Selain suka mencuri makanan, tikus juga dapat membuat perabotan rumah rusak dan menyebabkan penyakit leptospirosis. Tidak jarang almari kayu menjadi berlubang akibat ulah tikus. Jika berhasil masuk kedalam almari pakaian, tikus juga dapat membuat pakaian-pakaian Anda berlubang akibat gigitannya. Rumah yang bertikus juga akan memiliki kesan jorok, karena memang tikus sangat suka dengan tempat yang kotor, gelap, dan juga lembab.Tikus dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan akan menjadi masalah yang serius apabila dibiarkan terlalu lama. Oleh karena itu, keberadaan tikus di rumah harus segera ditanggulangi.

 

Cara Menangkap Tikus di Rumah yang Efektif

 

Daripada membuat jebakan sendiri yang memakan banyak waktu, Anda dapat menangkap tikus dengan menggunakan produk-produk dari Cap Gajah. Sudah banyak orang yang menggunakan produk Cap Gajah sebagai solusi untuk mengatasi gangguan tikus baik di rumah maupun di kantor. Berikut jenis-jenis produk Cap Gajah yang tersedia di pasaran dan cara penggunaanya.

 

1. Cara Menangkap Tikus Dengan Lem tikus Bentuk Tube

Lem Tikus

Salah satu cara menangkap tikus di rumah yang sudah dikenal efektif dan ekonomis adalah dengan menggunakan Lem Tikus Cap Gajah.

Keunggulan Lem Tikus Cap Gajah adalah tidak berbau dan tidak beracun sehingga sangat aman digunakan di rumah. Daya rekat lem ini sangat kuat sehingga mampu untuk menangkap berbagai ukuran tikus. Lem ini juga memiliki warna cairan yang bening sehingga tidak akan membuat tikus curiga.

Lem tikus tube memang terasa kurang praktis bila dibandingkan dengan lem papan atau kertas. Namun, cara penggunaannya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Oleskan lem tikus ini secara merata di papan atau karton dengan gerakan melingkar.
  2. Letakkan umpan ditengah papan atau karton tersebut.
  3. Pasang karton di lokasi yang sering dilalui oleh tikus.
  4. Tunggulah beberapa saat sampai tikus terperangkap
  5. Lipat dan buang karton
  6. Ulangi cara ini sampai sudah tidak terdapat lagi tikus di rumah Anda.

Klik Disini Untuk Info : Lem Tikus Cap Gajah Bentuk Tube

 

2. Cara Menangkap Tikus Dengan Lem Perangkap Tikus Model Papan

Lem Perangkap Tikus

Solusi yang lebih praktis adalah dengan menggunakan lem perangkap tikus dengan model papan. Jangan sampai salah memilih produk lem perangkap tikus, karena tidak semuanya memiliki daya rekat lem yang baik. Anda bisa menggunakan Lem Perangkap Tikus Cap Gajah. Daya rekat lem ini sudah terbukti sangat kuat sehingga tikus yang sudah terperangkap tidak akan terlepas kembali. Dengan menggunakan lem ini Anda tidak perlu membuat jebakan tikus sendiri yang menguras waktu dan energi.

Cara menggunakan Lem PerangkapTikus Cap Gajah ini tergolong sangat mudah dan dijamin tidak akan merepotkan Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka kemasan dan keluarkan papan.
  2. Letakkan umpan di bagian tengah perangkap papan yang sudah dibuka. Agar tikus lebih tertarik, gunakan umpan yang memiliki bau yang tajam seperti ikan asin.
  3. Setelah diberi umpan letakkan perangkap di area yang sering dilalui tikus.
  4. Tunggulah beberapa waktu sampai tikus terperangkap kedalam papan.
  5. Lipat dan buang perangkap bersama tikus.

Klik Disini Untuk Info : Lem Perangkap Tikus Model Papan 

 

3.  Cara Menangkap Tikus Dengan Perangkap Tikus Mekanis

Perangkap Tikus Mekanis

Untuk Anda yang lebih suka dengan solusi membunuh tikus yang instan, Anda dapat menggunakan Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah. Perangkap tikus ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu gerigi tumpul yang saling mengunci. Tikus yang tertangkap akan terjepit dan mati tanpa meninggalkan noda darah. Selain itu, Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah ini tidak mudah berkarat dan dapat digunakan hingga 100x pemakaian. Alat ini juga cukup mudah untuk dibersihkan. Cukup celupkan kedalam air karbol dan perangkap siap untuk digunakan kembali.

Berikut petunjuk penggunaan untuk Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah:

  1. Buka nampan umpan dengan diputar kearah kiri
  2. Masukan umpan secukupnya kedalam nampan umpan
  3. Tutup nampan umpan dengan diputar kearah kanan
  4. Tekan pematuk sampai terdengar bunyi mengunci
  5. Pasang perangkap di daerah yang banyak dilalui tikus
  6. Agar posisi perangkap tidak mudah berubah, hadapkan Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah ke dinding.
  7. Jauhkan tangan Anda dari perangkap apabila perangkap sedang dalam keadaan terbuka.
  8. Buang perangkap tikus mekanis ini jika kualitas geriginya sudah menurun. Umumnya penurunan fungsi alat ini terjadi setelah 100 kali pemakaian.

Klik Disini Untuk InfoLem Perangkap Tikus Mekanis Cap Gajah

 

Cara Mencegah Tikus Datang Ke Rumah

 

Setelah Anda mengetahui beberapa cara menangkap tikus di rumah dengan menggunakan produk-produk Cap Gajah, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini guna mencegah tikus datang kembali.

1.  Jangan beri tikus makan

Tikus adalah binatang pengerat yang memakan segala sesuatu yang ia temui. Tikus hadir di rumah karena Anda secara tidak sadar telah menyediakan makanan untuk mereka. Anda bisa menghentikan berbagai sumber makanan untuk tikus dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Membuang sisa-sisa makanan secara rutin. Sisa-sisa makanan yang berserakan di rumah Anda adalah salah satu sumber makanan bagi tikus. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan remah-remah makanan yang berserakan di atas meja makan dan menyapu seluruh ruangan rumah.
  • Menutup rapat wadah penyimpanan makanan. Jika Anda terbiasa untuk menyetok berbagai bahan makanan ataupun camilan, maka wajib bagi Anda untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat. Akan lebih baik lagi apabila persediaan makanan tersebut diletakan di dalam lemari es agar tidak dapat ditemukan oleh tikus.
  • Menutup rapat tempat sampah Anda. Pastikan semua tempat sampah di rumah Anda memiliki tutup yang rapat. Sampah adalah salah satu sumber makanan yang menjadi favorit para tikus karena dipenuhi dengan sisa-sisa makanan. Untuk menghindarinya, ikat dengan kuat plastic sampah Anda dan pastikan bahwa tempat sampah di rumah Anda tertutup rapat. Buanglah sampah sesegera mungkin dan jangan tunda hingga sampah menumpuk.
  • Bersihkan dengan rutin wadah makanan hewan peliharaan Anda di rumah. Makanan hewan peliharaan bisa menjadi sumber makanan tikus. Simpanlah stok makanan hewan peliharaan Anda dengan rapi dan terorganisir agar tikus tidak dapat menjangkaunya.

 

2.  Menghilangkan sumber air untuk tikus

Selain mencari makanan, tikus juga mencari sumber air di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan sumber air bagi tikus di rumah Anda.

  • Segera perbaiki pipa air dan keran air yang bocor untuk menghilangkan sumber air bagi tikus.
  • Hilangkan semua genangan air yang ada di rumah Anda. Sumber air bagi tikus tidak hanya dari pipa dan keran air yang bocor, akan tetapi tikus juga mendapatkan sumber air minum dari genangan-genangan yang ada di rumah Anda. Genangan-genangan air ini bisa saja ditemukan pada wadah-wadah penampung air seperti wadah minum hewan peliharaan atau pada pot-pot bunga.

 

3.  Mencegah Tikus Bersarang

Ketika tikus mudah mendapatkan sumber makanan dan air, mereka akan memutuskan untuk bersarang di rumah Anda. Untuk mencegah tikus membuat sarang di rumah Anda, sebaiknya Anda melakukan hal- hal berikut ini.

  • Jangan menumpuk barang. Buanglah tumpukan kertas dan kardus jika sudah tidak terpakai dan hindari menumpuk barang berukuran besar di rumah Anda. Tumpukan-tumpukan kertas, kardus dan barang-barang ini adalah tempat favorit bagi tikus untuk bersembunyi dan bersarang.
  • Menjaga rumah tetap harum. Karena tikus tidak menyukai bau-bauan yang menyengat, Anda bisa meletakan kamper di berbagai pojok ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menanam tanaman yang tidak disukai tikus seperti mint dan lavender.
  • Bersihkan puing-puing di kebun. Tikus bisa saja bersarang di sisa puing yang ada di kebun atau halaman Anda. Sebaiknya Anda segera bersihkan dan buang puing-puing yang ada di kebun atau halaman rumah Anda untuk menghindari tikus bersarang di sana.

 

4.  Menutup Akses Tikus

Cara mencegah tikus datang kembali yang terakhir adalah dengan menutup akses masuk tikus ke rumah. Simak cara-cara untuk menutup akses jalur tikus yang bisa Anda lakukan.

  • Lakukan pemeriksaan terhadap bangunan rumah Anda. Perlu Anda ingat bahwa hal ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada lubang-lubang yang dapat digunakan tikus sebagai jalur akses keluar dan masuk rumah. Biasanya tikus-tikus memasuki rumah Anda melalui lubang pada jaringan kabel listrik, kabel telepon, jendela, ventilasi udara, dinding, dan atap. Anda harus memastikan lubang-lubang ini tertutup rapat dan tidak bisa dilalui oleh tikus. Pasanglah kawat yang kuat pada celah-celah jendela dan ventilasi udara untuk menghalau akses tikus.
  • Menutup saluran pembuangan air dengan baik. Tikus bisa masuk melalui saluran pembuangan air kamar mandi, tempat cuci piring maupun saluran pembuangan air lainnya. Pastikan penutup saluran pembuangan air dalam keadaan baik dan terkunci dengan rapat terutama ketika tidak sedang digunakan seperti pada saat malam hari atau rumah sedang ditinggalkan.

Demikianlah informasi mengenai berbagai cara menangkap tikus di rumah yang ampuh dan efektif. Selain itu, jagalah kebersihan lingkungan rumah Anda untuk mencegah tikus datang kembali. Semoga informasi ini bermanfaat.

Untuk menangkap tikus di rumah, jangan ragu untuk menggunakan produk-produk Cap Gajah yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi gangguan tikus di rumah. Dapatkan promo dan harga terbaik produk Cap Gajah. Klik Disini untuk informasi produk dari Cap Gajah : https://cap-gajah.com/produk

 

 

Kembali